INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MELALUI APLIKASI TEMANGGUNG GANDEM POL (PELAYANAN ONLINE) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2022

Fauzati, Asti Nia (2023) INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MELALUI APLIKASI TEMANGGUNG GANDEM POL (PELAYANAN ONLINE) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Inovasi layanan Administrasi kependudukan dan catatan sipil melalui aplikasi Temanggung gandem pol (pelayanan online) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung proses pelaksanaanya masih belum bisa diakses secara optimal oleh masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil melalui aplikasi Temanggung Gandem pol (pelayanan online) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung Tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teori Roger dalam Suwarno (2008:9, hal 9) yang akan menggambarkan hasil penelitian dengan adanya 5 indikator yaitu 1) Relative Advantage (Keuntungan Relatif; 2) Compability (Kesesuaian); 3) Complexity (Kerumitan); 4) Triability (Kemungkinan dicoba); 5) Observability (Kemudahan diamati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil melalui aplikasi Temanggung gandem pol (pelayanan online) terdiri dari 1) Relative Advantage (Keuntungan Relatif) belum terpenuhi; 2) Compability (Kesesuaian) belum disesuaikan dengan kebutuhan; 3) Complexity (Kerumitan) masih terdapat kerumitan dengan adanya regulasi; 4) Triability (Kemungkinan dicoba) sudah diuji cobakan dan digunakan; 5) Observability (Kemudahan diamati) dapat dilakukan oleh semua masyarakat. Inovasi layanan Administrasi kependudukan melalui aplikasi Temanggung gandem pol (pelayanan online) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Temanggung dapat dikatakan sudah cukup baik untuk pelaksanaannya. Indicator tersebut belum terpenuhi karena terjadinya regulasi yang mengakibatkan layanan digital berhenti untuk dilakukan pembaruan, dimana akan dihasilkan inovasi layanan Administrasi kependudukan yang lebih baik. Selama terjadi regulasi maka Disdukcapil Temanggung melakukan pelayanan secara datang langsung ke kantor, online melalui media social, dan juga program jemput bola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:03
Last Modified: 14 Jun 2023 07:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item View Item