THE DIRECTIVE SPEECH ACT IN KOREAN DRAMA TWENTY FIVE TWENTY ONE

RAHMAWATI, RATNA (2023) THE DIRECTIVE SPEECH ACT IN KOREAN DRAMA TWENTY FIVE TWENTY ONE. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindak tutur direktif merupakan tindak tutur yang sering ditemukan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidakan seperti melakukan permintaan, memberi perintah, peringatan dan saran merupakan tindak tutur direktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tentang tindak tutur direktif pada drama Korea Twenty Five Twenty One dengan menggunakan metode kualitatif dan simak catat sebagai teknik pengumpulan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori klasifikasi tindak tutur direktif menurut Yule (1976) dan teori SPEAKING menurut Dell Hymes (1974). Seluruh data yang telah ditemukan akan dikelompokan berdasarkan teori yang telah dipaparkan oleh Yule, lalu latar belakang tuturan itu terjadi akan dianalisa berdasarkan teori SPEAKING yang dipaparkan oleh Dell Hymes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam drama Korea Twenty Five Twenty One ditemukan sebanyak 74 data. 34 data berupa tuturan permintaan, 33 data berupa tuturan perintah, 6 data berupa tuturan peringatan, dan 1 data berupa saran. Tuturan yang paling banyak ditemukan pada drama ini adalah tuturan permintaan dan bentuk tuturan informal banyak digunakan dalam drama ini karena antara penutur dan mitra tutur memiliki hubungan yang dekat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:16
Last Modified: 09 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6661

Actions (login required)

View Item View Item