PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA MATA MILENIAL INDONESIA TV PADA PROGRAM PUBLIC DIPLOMACY

Juliansyah, Brilliant Haikal Borne (2023) PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA MATA MILENIAL INDONESIA TV PADA PROGRAM PUBLIC DIPLOMACY. Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran Lampiran, Lembar Awal Hasil Turnitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Era digitalisasi membuat kebutuhan masyarakat akan informasi semakin tinggi. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat membawa perubahan yang cukup besar. Terlalu masifnya kemajuan teknologi khususnya digital tersebut mendorong hampir seluruh media lama dan konvensional harus berubah dan beradaptasi oleh zaman, sehingga media-media tersebut melakukan konvergensi agar dapat terus bertahan dan tidak hilang tergerus zaman. Mata Milenial Indonesia TV memanfaatkan perkembangan teknologi dalam upaya mempertahankan eksistensi mereka sebagai perusahaan media dengan penggunaan New Media atau media baru berbentuk OTT seperti Youtube. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bagaimana media Mata Milenial Indonesia TV dalam memanfaatkan platform Youtube tersebut sebagai media penayangan sekaligus dalam upaya konvergansi media khususnya dalam penayangan program Public Diplomacy oleh Mata Milenial Indonesia TV dengan menggunakan teori New Media oleh Pierre Levy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa pemanfaatan media baru Youtube oleh Mata Milenial Indonesia TV menghasilkan perkembangan dan efek yang cukup besar terhadap kemajuan media, baik dari segi penayangan maupun finansial perusahaan, walaupun ada beberapa kesulitan dan juga hambatan dalam pemanfaatan Youtube mereka khususnya pada penayangan program Public Diplomacy seperti isu, persaingan, dan pengambilan narasumber.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 08 May 2023 02:29
Last Modified: 08 May 2023 02:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/6374

Actions (login required)

View Item View Item