PERANAN DRAMA KOREA TERHADAP KEINGINAN MENCOBA “KOREAN STREET FOOD” (STUDI KASUS : K- DRAMA LOVERS BEKASI)

ASTIKA, ALFIRA YENI (2022) PERANAN DRAMA KOREA TERHADAP KEINGINAN MENCOBA “KOREAN STREET FOOD” (STUDI KASUS : K- DRAMA LOVERS BEKASI). Diploma thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran, Lembar awal hasl turnitin).pdf

Download (1MB)

Abstract

Drama Korea mulai populer di Indonesia pada tahun 2002 karena masuknya Korean Wave. Pemerintah Korea mendirikan sebuah yayasan K-Food yang bertujuan untuk mempopulerkan K-Food dalam ranah dunia dengan cara memasukannya ke dalam scene drama Korea. Dengan begitu saat ini K-Drama Lovers sangat antusias untuk mencoba K- Food terutama Korean Street Food. Perilaku konsumtif yang pada K-Drama Lovers terjadi karena adanya faktor pendorong, yakni gaya hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan wawancara, yakni data yang bersumber langsung dari responden menggunakan wawancara dan pengamatan terhadap situasi lokasi penelitian (Sugiyono, 2008). Dengan mewawancarai 11 narasumber via daring. Hasil penelitian menunjukan bahwa 9 dari 11 narasumber memilki minat yang tinggi terhadap pembelian Korean Street Food dimana hal ini terjadi karena K-Drama Lovers menonton tayangan drama Korea. Para narasumber juga mengungapkan bahwa mereka memiliki ketertarikan yang sangat tinggi akan Korean Street Food. Ketertarikannya pada Korean Street Food juga bisa dilihat sebagaimana dari perilaku konsumen mereka dalam minat beli terhadap Korean Street Food. Dimana terdapat faktor-faktor pendukung yang mendorong minat beli mereka terhadap Korean Street Food setelah menonton tayangan drama Korea. Penelitian ini bersifat memberi tahu alasan dibalik adanya minat beli yang terjadi pada K- Drama Lovers terhadap Korean Street Food. Karena penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga tidak dapat menyampaikan seberapa besar dan tingginya persentase yang ada pada minat beli K-Drama Lovers terhadap Korean Street Food setelah menonton tayangan drama Korea. Sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat membahas mengenai minat beli yang ada pada K-Drama Lovers terhadap Korean Street Food dan dapat dipersentasekan hasilnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:09
Last Modified: 05 Oct 2022 03:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item