Saputra, Mahesa Dias (2025) ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP EVALUASI KINERJA PEMIMPIN DI SEKTOR PENDIDIKAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM DAN NAIVE BAYES. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Download (688kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (409kB) |
Abstract
Twitter telah menjadi alat yang tepat bagi orang untuk berbagi pendapat tentang berbagai topik , termasuk kebijakan pemerintah di sektor pendidikan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana orang memandang keberhasilan Pemimpin di bidang pendidikan dengan mengevaluasi sentimen aktif di Twitter menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) dan Naïve Bayes . Data diperoleh melalui teknik perayapan yang memanfaatkan kata kunci relevan , diikuti oleh beberapa proses pemrosesan , seperti pembersihan teks , tokenisasi , dan penghapusan stopword , sebelum analisis pesan dilakukan . Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa SVM lebih akurat daripada Naïve Bayes dalam mengklasifikasikan sikap positif, negatif, dan netral , dengan ambang akurasi sebesar 75,2 %, sedangkan Naïve Bayes memiliki akurasi yang lebih besar . Semua hal sebelumnya menunjukkan bahwa SVM lebih efektif dalam memproses teks yang rumit , seperti postingan media sosial . Diyakini bahwa temuan penelitian ini akan membantu pemerintah dan individu yang terlibat dalam pendidikan memahami sikap publik terhadap perubahan pendidikan saat ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:55 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:40 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/14078 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |