Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Sebagai Budaya Konsumtif Di Kalangan Generasi Z Mahasiswa Universitas Nasional

Pratama, Muhammad Fajar (2025) Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Sebagai Budaya Konsumtif Di Kalangan Generasi Z Mahasiswa Universitas Nasional. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana belanja online melalui ecommerce Shopee memengaruhi budaya konsumtif di kalangan mahasiswa Generasi Z Universitas Nasional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi digital yang mendorong pergeseran pola konsumsi dari belanja konvensional ke belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana belanja online pada e-commerce Shopee dapat mendorong terjadinya budaya konsumtif di kalangan Generasi Z mahasiswa Universitas Nasional. Generasi Z sebagai kelompok yang aktif dalam dunia digital menjadi target utama e-commerce, terutama melalui strategi pemasaran berbasis hiperrealitas yang menciptakan kebutuhan semu. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup berbagai referensi terkait perilaku konsumtif, pengaruh media digital, serta strategi pemasaran e-commerce. Teori utama yang digunakan adalah teori simulacra dan hiperrealitas dari Jean Baudrillard, yang menjelaskan bagaimana realitas digital menciptakan ilusi kebutuhan di luar kebutuhan nyata. Selain itu, penelitian ini mengacu pada konsep e-commerce sebagai medium transaksi digital yang berperan dalam membentuk pola konsumsi modern. Penelitian ini juga mempertimbangkan faktor-faktor yang mendorong budaya konsumtif, seperti efisiensi waktu dan tenaga, harga yang lebih terjangkau, serta pengaruh media sosial dan lingkungan sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman subjektif mahasiswa dalam berbelanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan akses, diskon besar-besaran, dan fitur PayLater di Shopee telah mendorong mahasiswa untuk berbelanja secara impulsif, bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan karena tekanan sosial dan tren media digital. Fenomena ini memperkuat budaya konsumtif, di mana mahasiswa lebih fokus pada citra diri dibandingkan fungsi barang yang dibeli. Dengan demikian, belanja online bukan lagi sekadar aktivitas ekonomi, melainkan bagian dari identitas sosial Generasi Z. Hasil penelitian ini juga mengungkap bahwa e-commerce Shopee telah membentuk realitas konsumsi berbasis simbolik dan psikologis. Fenomena ini menunjukkan perlunya edukasi literasi finansial dan pengaturan strategi pemasaran digital untuk meminimalisasi dampak negatif budaya konsumtif di kalangan Generasi Z. Dengan mempertimbangkan konsep penelitian yang lebih luas, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa dipengaruhi oleh sistem ekonomi digital yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:37
Last Modified: 23 Jul 2025 04:37
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13908

Actions (login required)

View Item View Item