Sofa, Muhammad (2025) Komunikasi Persuasif Pedagang Dan Pelanggan Pasar Kranji Dalam Mempertahankan Penjualan. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas komunikasi persuasif pedagang Pasar Kranji dalam mempertahankan penjualan di tengah persaingan dengan pasar swalayan serta kendala renovasi pasar yang belum selesai. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memahami strategi komunikasi yang diterapkan pedagang. Penelitian menunjukkan bahwa pedagang menggunakan berbagai teknik komunikasi persuasif, seperti penekanan pada kualitas produk, negosiasi harga, pendekatan emosional, serta membangun hubungan sosial dengan pelanggan. Faktor-faktor seperti keramahan dan pengalaman belanja yang lebih personal menjadi keunggulan pasar tradisional dibandingkan pasar modern yang minim interaksi langsung. Penelitian ini juga menegaskan bahwa komunikasi persuasif yang efektif dapat menjadi strategi utama bagi pedagang pasar tradisional dalam mempertahankan pelanggan dan bersaing di tengah perubahan tren belanja.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:29 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |