Komodifikasi Makna Cantik Melalui Konten “Tasya Farasya Approved” Dalam Pembentukan Citra Tubuh

Araminta, Raissa Putri (2025) Komodifikasi Makna Cantik Melalui Konten “Tasya Farasya Approved” Dalam Pembentukan Citra Tubuh. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Komodifikasi Makna Cantik Melalui Konten “Tasya Farasya Approved” Dalam Pembentukan Citra tubuh yang menyoroti konten “Tasya Farasya Approved” dalam menghasilkan makna cantik dari produkproduk kecantikan yang telah menjadi komoditas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembentukan citra tubuh melalui komodifikasi makna cantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini, yaitu pengikut media sosial Tasya Farasya yang telah membeli dan mengkonsumsi produk kecantikan berdasarkan konten “Tasya Farasya Approved”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat sumber data penelitian yaitu sumber data primer berasal dari pengikut media sosial Tasya Farasya. Sedangkan, data sekunder diambil dari penelitian terdahulu dan data-data statistik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa konten “Tasya Farasya Approved” dapat membentuk citra tubuh yang menghasilkan identitas dan berhasil mengkomodifikasi makna cantik melalui konten tersebut dan produk kecantikan yang dikonsumsi berdasarkan konten “Tasya Farasya Approved”. Komodifikasi makna cantik menurut Mike Featherstone menekankan pada pentingnya teknologi dan media, peran selebritis, iklan dan konten tentang kecantikan, dan pembelian yang berulang terhadap suatu produk. Analisa pada teori di dalam penelitian ini menekankan pada pernyataan informan bahwa mereka menggunakan produk tersebut berdasarkan rekomendasi dan konten dari Tasya Farasya, serta untuk membuktikan bahwa setelah menggunakan produk tersebut akan menemuka citra tubuh yang menghasilkan identitas dan makna cantik bagi setiap individu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:50
Last Modified: 21 Jul 2025 04:50
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13850

Actions (login required)

View Item View Item