RISIKO PERKEMBANGAN E-COMMERCE PADA PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR TANAH ABANG : KAJIAN MASYARAKAT RISIKO ULRICH BECK

AL AMANAH, IHSAN (2025) RISIKO PERKEMBANGAN E-COMMERCE PADA PEDAGANG PAKAIAN DI PASAR TANAH ABANG : KAJIAN MASYARAKAT RISIKO ULRICH BECK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (801kB)

Abstract

Perkembangan e-commerce telah mengubah lanskap perdagangan, termasuk bagi pedagang pakaian di Pasar Tanah Abang. Transformasi ekonomi global ini menimbulkan berbagai risiko yang mempengaruhi keberlangsungan usaha pedagang konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui risiko yang dihadapi pedagang akibat e-commerce, strategi adaptasi mereka, serta peran pemerintah dalam membantu menghadapi perubahan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pedagang serta observasi langsung aktivitas perdagangan. Selain itu, penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan pemerintah dan statistik perdagangan. Analisis dilakukan dengan teori masyarakat risiko Ulrich Beck untuk memahami ketidakpastian yang dihadapi pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko utama yang dihadapi pedagang meliputi penurunan jumlah pengunjung, peningkatan toko yang tutup, dan perubahan pola konsumsi ke transaksi daring. Pedagang mengadaptasi diri melalui penyesuaian harga, inovasi produk, dan pemasaran langsung ke pedagang skala kecil. Pemerintah berperan dalam membantu pedagang melalui pelatihan digital, fasilitasi kolaborasi dengan e-commerce, dan insentif bisnis digital. Namun, implementasi kebijakan ini masih menghadapi kendala. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang lebih adaptif dan dukungan konkret agar pedagang Pasar Tanah Abang dapat bertahan di era digital. Kata kunci: Masyarakat Risiko , e-commerce, Pasar Tanah Abang, pedagang pakaian, peran pemerintah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:09
Last Modified: 14 Jul 2025 08:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13631

Actions (login required)

View Item View Item