ALKAFF, SYARIFAH SHOFA (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (PANDANGAN KRITIS PARA PELAJAR DI MAN 9 JAKARTA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang bentuk kekerasan struktural dalam penerapan Kurikulum Merdeka di MAN 9 Jakarta serta dampaknya terhadap relasi kuasa dalam pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis wacana kritis, penelitian ini mengacu pada teori kekerasan struktural Johan Galtung, konsep dominasi Pierre Bourdieu, dan teori kekuasaan Michel Foucault. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka masih mempertahankan ketimpangan struktural melalui beban akademik yang tinggi, keterbatasan peran guru, serta ketidakseimbangan akses fasilitas pendidikan. Kurikulum yang seharusnya bersifat fleksibel, pada praktiknya tetap didominasi oleh struktur birokrasi yang membatasi partisipasi siswa dan guru. Maka dari itu, reformasi pendidikan yang lebih demokratis dan inklusif diperlukan agar pendidikan tidak lagi menjadi alat reproduksi ketimpangan sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, kekerasan struktural, dominasi, kekuasaan, dan pendidikan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:26 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:26 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13613 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |