Efektivitas Scarcity Strategy Rucas Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Persepsi Responden Mengenai Eksklusivitas Brand (Survei Pada Pengikut Instagram @Rucas.Co)

Sabina, Tiara (2025) Efektivitas Scarcity Strategy Rucas Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Persepsi Responden Mengenai Eksklusivitas Brand (Survei Pada Pengikut Instagram @Rucas.Co). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eksklusivitas menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya tarik brand fesyen. Salah satu strategi untuk membangun kesan eksklusif adalah scarcity strategy, yakni menciptakan kelangkaan produk agar lebih bernilai. Rucas, brand fesyen lokal Indonesia, menerapkan strategi ini melalui Instagram dengan memberikan informasi mengenai keterbatasan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas scarcity strategy Rucas melalui media sosial Instagramnya terhadap persepsi mengenai eksklusivitas brand. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data primer yang diambil dari penyebaran kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @rucas.co yang pernah berkomentar di salah satu postingan Instagram Rucas yang menunjukkan strategi kelangkaan yang dapat diakses peneliti, sehingga ukuran sampel penelitian ini sebanyak 212 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kelangkaan yang diterapkan Rucas efektif terhadap persepsi mengenai eksklusivitas brand sebanyak 11,1% dan 88,9% sisanya dipengaruhi faktor lain. Indikator keterbatasan kuantitas terbukti lebih efektif dibandingkan keterbatasan waktu dalam membangun persepsi mengenai eksklusivitas brand.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 07 Jul 2025 05:42
Last Modified: 12 Jul 2025 03:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13464

Actions (login required)

View Item View Item