PENGARUH TERPAAN KONTEN TREN LABUBU PADA AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @BOBACOT TERHADAP MINAT BELI LABUBU DI FOLLOWERS AKUN TIKTOK @BOBACOT

SIDHI, NAJMAH RAMADHIANI (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN TREN LABUBU PADA AKUN MEDIA SOSIAL TIKTOK @BOBACOT TERHADAP MINAT BELI LABUBU DI FOLLOWERS AKUN TIKTOK @BOBACOT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk membuat konten video pendek, yaitu Tiktok. Pengguna dari Tiktok sendiri terbagi kedalam beberapa kalangan, namun sebagian besar pengguna Tiktok di Indonesia merupakan dari kalangan usia 13 – 24 tahun. Labubu merupakan sebuah Boneka gantung yang sedang menjadi perbincangan di pertengahan tahun 2024 karena pengaruh dari Lisa Blackpink yang mempopulerkan boneka Labubu tersebut. Hal tersebut membuat banyaknya content creator yang membuat video konten mengenai Labubu hingga menjadi sebuah tren baru di media sosial. Pemilik akun Tiktok @bobacot merupakan salah content creator yang juga ikut membuat konten Labubu ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan konten tren labubu pada akun media sosial Tiktok @bobacot terhadap minat beli Labubu di followers akun Tiktok @bobacot. Penelitian ini menggunakan teori stimulus – respons yang merupakan turunan dari teori repon kognitif dan menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan random sampling. Data yang disajikan berupa angka dan juga tabel. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis eksplanatif. Hasil dalam penelitian ini ditemukan terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan konten tren Labubu pada akun media sosial Tiktok @bobacot terhadap minat beli Labubu dikalangan followers akun Tiktok @bobacot sebesar 65%, sedangkan 25% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Terpaan Konten, Minat Beli, Stimulus-Respons, Survei

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:49
Last Modified: 03 Jul 2025 07:49
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item View Item