Prasetya, Rendy Gagak Dian (2025) Efektivitas Content @Ravespa Yang Ditayangkan Di Youtube Terhadap Peningkatan Wawasan Tentang Originalitas Kendaraan. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LAMPIRANN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Media sosial, khususnya YouTube, telah menjadi platform utama dalam penyebaran informasi, termasuk dalam dunia otomotif. Salah satu kanal yang berfokus pada edukasi mengenai originalitas kendaraan, khususnya Vespa klasik, adalah @Ravespa. Kanal ini memberikan wawasan kepada pengguna terkait keaslian kendaraan dan berbagai aspek restorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas konten yang ditayangkan di kanal YouTube @Ravespa terhadap peningkatan wawasan tentang originalitas kendaraan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications, yang menekankan bagaimana audiens secara aktif memilih media untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada subscriber kanal YouTube @Ravespa. Populasi dalam penelitian ini adalah 113.000 subscriber kanal tersebut, dengan sampel yang diambil sebanyak 100 responden menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner berbasis skala Likert, yang mengukur beberapa indikator efektivitas konten, seperti relevansi, akurasi, nilai informasi, dan kemudahan pemahaman. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode statistik melalui perangkat lunak SPSS, dengan pengujian validitas, reliabilitas, korelasi, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, serta uji hipotesis t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten @Ravespa memiliki efektivitas tinggi dalam meningkatkan wawasan penonton terkait originalitas kendaraan. Variabel efektivitas konten menunjukkan korelasi positif yang signifikan dengan peningkatan wawasan responden. Temuan ini mengindikasikan bahwa media sosial YouTube dapat menjadi sarana edukasi yang efektif dalam menyebarkan informasi teknis kepada masyarakat luas, khususnya dalam bidang otomotif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:47 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |