Strategi Kampanye Digital Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia

Wibowo, Demytri Sulistyadi (2025) Strategi Kampanye Digital Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (339kB)
[img] Text
LAMPIRANN.pdf

Download (1MB)

Abstract

enelitian ini berfokus dalam menganalisis strategi kampanye digital yang diterapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menyosialisasikan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya angka konsumsi ikan di Indonesia, meskipun Indonesia ini merupakan salah satu produsen ikan terbesar di dunia. Kampanye Gemarikan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketertarikan masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap manfaat konsumsi ikan dengan memanfaatkan media digital. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang diterapkan adalah studi deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumentasi. Landasan teori yang digunakan ini adalah teori perubahan sikap Carl Hovland yang menyoroti tahapan persuasif, yaitu perhatian, pemahaman, pembelajaran, penerimaan, dan penyimpanan pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye digial Gemarikan mampu menarik perhatian masyarakat melalui strategi konten yang inovatif, pemanfaatan figur publik, serta optimalisasi berbagai platform media sosial. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam menjangkau masyarakat di wilayah dengan akses digital terbatas serta dalam menanamkan kebisasaan konsumsi ikan sebagai bagian dari pola makan sehari-hari. Oleh karena itu, strategi kampanye perlu terus dikembangkan agar lebih sesuai dengan karakteristik audiens serta memperkuat keberhasilan komunikasi dalam membangun persepsi positif terhadap konsumsi ikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:40
Last Modified: 03 Jul 2025 04:40
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13272

Actions (login required)

View Item View Item