Wiandari, Divani (2025) FENOMENA PENGGUNA APLIKASI KENCAN BUMBLE PADA MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI KALANGAN GEN Z. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (964kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bumble merupakan aplikasi kencan yang berfokus pada permberdayaan wanita sebagai kunci utama pergerakan awal dalam memulai sebuah percakapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena aplikasi kencan Bumble pada manajemen privasi komunikasi kalangan Gen Z. Teori pada penelitian ini yakni menggunakan teori manajemen privasi komunikasi yang dikembangkan oleh Sandra Petronio dengan lima prinsip diantaranya owner, co-owner, boundary, rules dan turbulance karena sangat relevan dengan penelitian ini yang melibatkan berbagai dinamika privasi dan keterbukaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi tanpa menggunakan angka statistik, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan aplikasi kencan Bumble memberikan dampak yang beragam bagi penggunanya, khususnya generasi Z. Para informan pernah mengalami fenomena gangguan privasi dan penerapan prinsip-prinsip teori manajemen privasi komunikasi dapat meminimalisir ancaman-ancaman tersebut. Kata Kunci : Aplikasi Kencan Bumble, Gen Z, Manajemen Privasi Komunikasi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:39 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:39 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |