Pengaruh Rebranding Logo Pada Media Sosial Twitter Terhadap Loyalitas Pengguna (Survei Pada Pengguna Twitter Pengikut Akun @Jakarta.Keras)

Febriana, Ambar (2025) Pengaruh Rebranding Logo Pada Media Sosial Twitter Terhadap Loyalitas Pengguna (Survei Pada Pengguna Twitter Pengikut Akun @Jakarta.Keras). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perubahan identitas merek melalui Rebranding sering dilakukan oleh perusahaan guna memperbarui citra dan menarik perhatian audiens. Twitter sebagai salah satu platform media sosial terbesar melakukan Rebranding logo menjadi "X" pada tahun 2023, yang menimbulkan berbagai respons dari pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Rebranding logo Twitter terhadap loyalitas pengguna dengan studi kasus pada pengikut akun @jakarta.keras. Teori yang digunakan adalah Teori Rebranding. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan teknik survei terhadap 97 responden yang telah menggunakan Twitter minimal dua tahun sejak 2022. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert dan dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Rebranding logo, sedangkan variabel dependennya adalah loyalitas pengguna. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Melalui Uji R Square, terlihat pengaruh sebesar 77,9% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rebranding logo Twitter memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pengguna. Responden yang merasa bahwa logo baru tidak selaras dengan identitas Twitter cenderung mengalami penurunan tingkat loyalitas. Dan 22,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dari Uji Korelasi (r) diperoleh rhitung (0,883%) > rtabel (0,576), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Namun, pengguna yang menerima perubahan tersebut tetap mempertahankan keterikatan emosional dengan platform. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami dampak Rebranding visual terhadap perilaku pengguna media sosial serta memberikan rekomendasi bagi perusahaan dalam merancang strategi branding yang efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:10
Last Modified: 03 Jul 2025 04:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13262

Actions (login required)

View Item View Item