PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL BERBASIS AKSES DIGITAL DI KABUPATEN CIANJUR

Sendjaja, Osse Talita Rahma (2025) PELAYANAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL BERBASIS AKSES DIGITAL DI KABUPATEN CIANJUR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (538kB)

Abstract

Keluhan yang disampaikan oleh masyarakat mengenai syarat dan ketentuan yang diberlakukan berbelit-belit dalam pengisian administrasi kependudukan, keterbatasan nomor antrian dalam Simpelaku, keterbatasan blanko dalam membuat administrasi kependudukan, proses pembuatan administrasi kependudukan yang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, dan aplikasi Simpelaku sering mengalami kesulitan atau server down. Peraturan Daerah Kabupaten Cianjur Nomor 10 Tahun 2010 menjadi pedoman birokrat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Cianjur untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Disdukcapil Kabupaten Cianjur berbasis akses digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan Disdukcapil Kabupaten Cianjur berbasis akses digital serta mengetahui hambatan dan solusi yang dihadapi dalam proses pelayanan berbasis akses digital. Pendekatan penelitian dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan kajian pustaka. Berdasarkan temuan penelitian, pelayanan berbasis akses digital Simpelaku di Kabupaten Cianjur diperoleh kesimpulan yaitu terdapat 5 (lima) aspek yang mempengaruhi pelayanan Disdukcapil berbasis akses digital di Kabupaten Cianjur, yaitu aspek tangible (berwujud), aspek reability (keandalan), aspek responsiviness (ketanggapan), aspek assurance (jaminan), dan aspek empathy (empati). Terkait hambatan yang terjadi pada proses pelayanan berbasis akses digital, Disdukcapil Kabupaten Cianjur telah tepat sasaran dengan melakukan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berada di desa (pelosok). Inovasi pelayanan ini disebut dengan Dawala (Datangi Warga Layani) dan Semedi (Sehari Mesti Jadi) dalam menghadapi hambatan tidak meratanya pelayanan di daerah Kabupaten Cianjur antara perbatasan Puncak Bogor sampai dengan perbatasan Ujung Garut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:31
Last Modified: 01 Jul 2025 03:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item