Audry, Claudia Priskilla (2025) HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI KLINIK PRATAMA PERMATATAPOS CIBINONG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang: Menurut World Health Organization (2021), tingkat kepuasan pasien rumah sakit di 25 negara dengan lebih dari 6 juta masukan menunjukkan Swedia memiliki kepuasan tertinggi 92,37%, diikuti Finlandia 91,92%, Norwegia 90,75%, USA 89,33%, dan Denmark 89,29%. Sementara itu, Kenya 40,4% dan India 34,4% memiliki tingkat kepuasan terendah. Selain itu, Badan Pusat Statistik melaporkan bahwa Provinsi Jawa Barat memiliki 3.029 klinik pratama pada tahun 2023, dengan Kota Bekasi sebagai yang tertinggi 363 klinik, diikuti Kabupaten Bekasi 318 dan Kota Depok 193. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kepuasan pasien dengan pelayanan keperawatan di Klinik Pratama Permata Tapos Cibinong Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini memiliki 40 pasien adalah pasien rawat jalan di bagian poli umum dan poli gigi untuk mendapat pelayanan keperawatan Hasil Penelitian: Terdapat hasil uji Chi-square diperoleh data kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan p value 0,013 < α 0,05 artinya ada hubungan antara di Klinik Pratama Permata Tapos Cibinong pada 40 pasien adalah pasien rawat jalan Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien dengan pelayanan keperawatan di Klinik Pratama Permata Tapos Cibinong Saran: Diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di Klinik Pratama Permata Tapos Cibinong, perlu dilakukan pemantauan kepuasan pasien secara berkala setiap bulan untuk evaluasi dan pengembangan. Selain itu, klinik diharapkan memberikan edukasi kepada pasien di tempat, sehingga mereka dapat memahami informasi yang diberikan dan tidak merasa bosan saat menunggu antrian.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:52 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 03:25 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |