PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG YANG BERORIENTASI PADA METODE KOOPERATIF DENGAN TEKNIK STAD DI SMKN 1 KEFAMENANU

Widandi, Zhillan Zharfan (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG YANG BERORIENTASI PADA METODE KOOPERATIF DENGAN TEKNIK STAD DI SMKN 1 KEFAMENANU. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER..pdf

Download (986kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran adalah pemilihan metode pembelajaran yang tepat, yang disertai dengan penggunaan materi ajar yang sesuai dengan target yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan metode kooperatif dengan teknik STAD (Student Teams Achievement Division) di SMKN 1 Kefamenanu dalam program pelatihan bahasa Jepang dasar setara N5. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menjelaskan secara lebih rinci permasalahan yang dihadapi 10 orang siswa peserta program dalam meningkatkan kemampuan bahasa Jepangnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara nilai pre-test dan post-test, di mana nilai rata-rata pre-test sebesar 57,75%, sedangkan post-test mengalami penurunan menjadi 39,25%. Penurunan ini disebabkan oleh faktor lingkungan belajar yang kurang mendukung, seperti bahasa keseharian siswa, pekerjaan dirumah serta lingkungan sekitar yang meganggua proses belajar siswa. Meskipun demikian, terdapat dua siswa yang menunjukkan peningkatan hasil tesnya. Untuk meningkatkan efektivitas metode ini, perlu dilakukan evaluasi kesesuaian metode pembelajaran dengan materi yang diberikan, penggunaan media ajar tambahan seperti audio-visual agar dapat mempelajari dan memahami bahasa Jepang penutur asli, dengan optimalisasi hal tersebut, pembelajaran bahasa Jepang dengan teknik STAD diharapkan dapat lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Jepang siswa dalam pemerolehan Japanese Language Proficiency test (JLPT) setara N5.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Jepang
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 23 May 2025 08:06
Last Modified: 23 May 2025 08:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item