YANTI, MITHA APRILIA DAMAI (2024) REPRESENTASI BULLYING DALAM DRAMA KOREA PYRAMID GAME EPISODE 1-5 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
Text
COVER.pdf Download (860kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (265kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (423kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (23kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fenomena bullying sering kali diangkat menjadi sebuah drama atau film. Bullying merupakan tindakan agresif yang kerap kali terjadi di berbagai lingkungan, termasuk lingkungan sekolah. Penelitian ini membahas representasi bullying yang dianalisis menggunakan semiotika. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis representasi bullying yang terdapat di dalam drama Korea Pyramid Game. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode Simak - Catat. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes yang berfokus pada pendeskripsian makna denotasi, makna konotasi, dan mitos yang dihasilkan dalam adegan bullying di drama Korea Pyramid Game. Hasil dari penelitian ini ditemukan 3 jenis bullying, yaitu bullying fisik, bullying verbal, dan bullying psikologis. Terdapat 35 adegan Bullying fisik yang meliputi menjambak rambut, pemukulan, dan pelecehan seksual. Lalu terdapat 8 adegan bullying verbal yang meliputi ancaman, ejekan, dan juga penghinaan, dan terdapat 1 adegan bullying psikologis yang meliputi cibiran disetai dengan tatapan sinis. Jumlah data dari penelitian ini secara keseluruhan ditemukan sebanyak 44 adegan
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 02:35 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 02:35 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12456 |
Actions (login required)
View Item |