PENERAPAN SISTEM REKOMENDASI APLIKASI MARKETPLACE GIFTMOMENT PADA PROYEK AKHIR DI PT GITS INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA COLLABORATIVE FILERING

Nugraha, Yoga Aditya (2024) PENERAPAN SISTEM REKOMENDASI APLIKASI MARKETPLACE GIFTMOMENT PADA PROYEK AKHIR DI PT GITS INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA COLLABORATIVE FILERING. Jurnal Komputer, Informasi dan Teknologi, 4 (1). pp. 1-10.

[img] Text
PENERAPAN SISTEM REKOMENDASI APLIKASI MARKETPLACE.pdf

Download (638kB)

Abstract

CV BB Comp Kandangan adalah perusahaan perorangan yang bergerak di bidang souvenir dan hantaran, menghadapi tantangan dalam mencapai efisiensi dan efektivitas, terutama dalam pemasaran dan pencatatan data pesanan yang masih dilakukan secara manual. Untuk menyelesaikan masalah ini, diperlukan aplikasi penjualan online dan sistem rekomendasi yang dapat memudahkan pembeli dalam bertransaksi.Penelitian ini menerapkan Algoritma Collaborative Filtering untuk mengembangkan fitur rekomendasi pada aplikasi penjualan online untuk pengguna dan admin. Dua metode User-Based Collaborative Filtering dan Item-Based Collaborative Filtering digunakan. Yang pertama mencari kesamaan antara pengguna berdasarkan perilaku mereka terkait produk atau item yang mereka nilai, sementara Item-Based Collaborative Filtering bekerja dengan membandingkan item yang telah dilihat oleh pengguna dengan item yang direkomendasikan berdasarkan riwayat penelusuran pengguna sebelumnya

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Artikel > Informatika dan Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 04 Nov 2024 03:03
Last Modified: 04 Nov 2024 03:03
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item