Inda, Stefania (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Kejuruan SMKN 6 Jakarta). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
Text
COVER.pdf Download (851kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (467kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (566kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (628kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (383kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan masyarakat yang semakin beragam dan pengaruh globalisasi menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai multikultural di dalam lembaga pendidikan. Di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta, SMKN 6 Jakarta Selatan adalah salah satu sekolah yang mengintegrasikan nilai-nilai multikulturalisme dalam proses pembelajarannya, Tujuan penelitian ini menganalisis dan menjelaskan peran, strategi seta proses internalisasi nilai-nilai multikultural di SMKN 6 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial yang dikemukakan oleh Peter Berger sebagai landasan teoritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 6 Jakarta secara aktif menanamkan nilai-nilai multikultural melalui berbagai program dan acara yang menggabungkan seluruh elemen sekolah. Keterlibatan aktif kepala sekolah dan guru dalam mendukung nilai-nilai ini menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan yang inklusif. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya tantangan dalam penerapan nilai-nilai tersebut yang perlu diatasi untuk mencegah terjadinya konflik dan diskriminasi di Sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > J General legislative and executive papers |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 04:53 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 04:53 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12313 |
Actions (login required)
View Item |