Anggraeni, Raras Citra (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG LANJUT USIA (LANSIA) DI PUSKESMAS BOJONG RAWALUMBU KOTA BEKASI SELAMA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (761kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (877kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (334kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pelayanan yang diberikan oleh negara kepada masyarakat disebut dengan pelayanan publik. Salah satu jenis pelayanan publik yang wajib disediakan oleh negara adalah pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan dengan dasar bahwa kesehatan adalah hak bagi setiap warga negara. Kualitas pelayanan yang diberikan harus diperhatikan karena nantinya berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Pada saat pandemi Covid-19 marak di Indonesia, Provinsi Jawa Barat menempati urutan kedua dalam tingginya penyebaran. Kota Bekasi sendiri menjadi penyumbang kasus tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Salah satu kecamatan di Kota Bekasi, yaitu Kelurahan Bojong Rawalumbu adalah daerah yang cukup padat penduduk dan tingkat penyebaran Covid-19 terbilang tinggi. Puskesmas Bojong Rawalumbu sebagai unit kesehatan pertama dituntut untuk mampu memberikan pelayanan kesehatan sebaik mungkin dengan adanya tambahan jenis pelayanan terkait dengan Covid-19. Kelompok pengunjung lanjut usia yang rentan akan paparan Covid-19 pun tetap datang berkunjung untuk mendapatkan penanganan untuk kesehatannya. Dengan penelitian menggunakan metode kuantitatif untuk melihat seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat, ditemukan bahwa kualitas yang dimiliki Puskesmas Bojong Rawalumbu dirasa sudah sangat baik berdasarkan dari hasil penelitian. Dimensi Talngible (Berwujud) dengan nilai 51,6%, Dimensi Relialbility (Kehalndallaln) dengan nilai 53,6%, Dimensi Responsiviness (Ketalnggalpaln) dengan nilai 64%, ALssuralnce (Jalminaln) dengan nilai 60%, daln Empalthy (Empalti) dengan nilai 56%. Puskesmas Bojong Rawalumbu diharapkan mampu untuk menjaga kualitas yang sudah ada selama ini dan dapat meningkatkannya agar kepuasan masyarakat untuk kelompok lanjut usia lebih tinggi dari tingkat kepuasaan saat ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:25 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12196 |
Actions (login required)
View Item |