PENGARUH KOMPENSASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PEMUKIMAN (PRKP) KABUPATEN KARAWANG

Kabunggul, Orce (2024) PENGARUH KOMPENSASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PEMUKIMAN (PRKP) KABUPATEN KARAWANG. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (872kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk Menganalisis dan mengetahui pengaruh Kompensasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Moderasi Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Karawang. Teori yang digunakan dalam penlitian ini adalah pada variabel Kompensasi (X1) yaitu Elmi (2018:60) Dimensi Imbalan atas jasa pegawai dengan Indikator: (1) Gaji, (2) Insentif dan (3) Bonus, kemudian Variabel Kualitas Pelayanan (X2) oleh Parasuraman (2021) Dimensi Memenuhi kebutuhan dengan Indikator: (1) Tangibles, (2) Responsiveness dan (3) Assurance (jaminan). Lalu variabel Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Z) sebagai variabel moderasi pendapat Organ (1997) dengan Dimensi Kontribusi individu yang melebihi peran pada Indikator: (1) Altruisme (sifat menolong), (2) Conscientiousness (Sifat sukarela) dan (3) Sportmanship (sifat sportif), sedangkan Kinerja Pegawai (Y): menurut Robbins dan Judge (2014) dalam Dimensi Hasil evaluasi pekerjaan pada Indikator: (1) Kualitas, (2) Penggunaan Waktu dan (3) Efektivitas. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif yakni analisis statistik deskriptif dan anilisis statistik inferensial serta kualitatif. Analisis inferensial penelitian ini menggunakan PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) dengan software smartPLS 4. Responden penelitian ini adalah seluruh pegawai, dan informan penelitian kualitatif mewawancarai Kadis sebagai informana, kepala seksi dan staf sebagai informan utama dan tokoh masyarakat sebagai informan pendukung di Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Karawang. instrumen dalam penelitian ini menggunakan Google form. Hasil penelitian bahwa Kompensasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap OCB, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organization Citizenship Behavior (OCB), Kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai, Organization Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, Organizational Citizenship Behavior (OCB) hubungan dengan Variabel Kompensasi terhadap kinerja mampu memperkuat pengaruh kompensasi dan kinerja namun secara signifikan, dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) hubungan dengan Variabel kualitas pelayanan terhadap kinerja memperlemah pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja namun secara signifikan. Implikasi penelitian yang dapat diberikan, yaitu kompensasi yang diberikan oleh organisasi dan kualitas pelayanan yang dimiliki oleh pegawai, melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB) dapat meningkatkan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:58
Last Modified: 27 Sep 2024 08:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12109

Actions (login required)

View Item View Item