PENGELOLAAN KESAN SISCA KOHL MELALUI ISI PESAN FLEXING PADA AKUN TIKTOK @siscakohl (Analisis Isi Konten Tiktok @siscakohl Tahun 2023)

Haezer, Julio Ronaldo Eben (2024) PENGELOLAAN KESAN SISCA KOHL MELALUI ISI PESAN FLEXING PADA AKUN TIKTOK @siscakohl (Analisis Isi Konten Tiktok @siscakohl Tahun 2023). Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)

Abstract

Marak nya konten flexing di sosial media tiktok sangat menarik perhatian mulai dari jumlah like yang fantastis, komentar sampai si pembuat konten. Sisca Kohl adalah salah satu pembuat konten di Tiktok dengan ciri khas yang mewah dan unik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Sisca Kohl melalui isi pesan flexing pada akun TikTok @siscakohl selama tahun 2023 dengan sampel 120 video Tiktok. Penelitian ini menggunakan teori Impression Management atau Pengelolaan Kesan dalam bahasa Indonesia yang dikemukakan oleh Erving Goffman pada Tahun 1959. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi kategori flexing dengan teknik keabsahan data menggunakan 2 koder yang merupakan pengguna aktif Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai kategori flexing, gaya hidup mewah menjadi kategori yang paling banyak muncul dengan persentase 52,5%, diikuti oleh pengalaman unik sebesar 43,3%, dan barang mewah sebesar 15%. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa konten yang mengandung flexing negatif sebesar 65,8%. Konten flexing paling banyak diproduksi pada bulan Juli sebanyak 23 konten dengan persentase 19,2%, diikuti oleh bulan Mei dan Agustus, masing-masing sebesar 13,3%. Temuan ini memberikan gambaran tentang bagaimana pengelolaan kesan melalui flexing pada platform media sosial dapat mempengaruhi persepsi dan interaksi pengguna dengan konten tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:06
Last Modified: 27 Sep 2024 04:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12092

Actions (login required)

View Item View Item