PENGARUH KAMPANYE “CINTA, BANGGA, PAHAM RUPIAH” OLEH BANK INDONESIA TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MEMPERLAKUKAN UANG RUPIAH

Oktalia, Fanisa Ayu (2024) PENGARUH KAMPANYE “CINTA, BANGGA, PAHAM RUPIAH” OLEH BANK INDONESIA TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MEMPERLAKUKAN UANG RUPIAH. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (575kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rupiah adalah mata uang resmi yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia dan menjadi representasi kedaulatan negara. Desainnya yang kaya akan makna sejarah dan budaya, menjadikan Rupiah lebih dari sekedar media transaksi, tetapi juga sebagai simbol persatuan dan keanekaragaman bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perilaku memperlakukan Rupiah diatur dalam undang-undang, yang menyebutkan bahwa perilaku memperlakukan Rupiah dengan tidak layak merupakan tindakan yang melanggar hukum dan dapat dikenakan pidana. Dengan demikian, penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Rupiah, sehingga masyarakat terdorong untuk memperlakukan Rupiah dengan baik. Penelitian ini ditulis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah terhadap sikap masyarakat dalam memperlakukan uang Rupiah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Integrasi Informasi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang disalurkan kepada 144 responden, yaitu anggota GenBI kelolaan Departemen Komunikasi Bank Indonesia. Hasil dari penelitian ini dilakukan dengan pengujian hipotesis dengan uji t, yang menyatakan t hitung (10,879) lebih besar dari t tabel (> 1,977). Diperkuat dengan nilai sig (0,000), yang lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (< 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adanya pengaruh yang signifikan antara Kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah terhadap sikap dalam memperlakukan uang Rupiah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 24 Sep 2024 03:19
Last Modified: 24 Sep 2024 03:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12023

Actions (login required)

View Item View Item