Alam, Ahmad Bahrul (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BIMASISLAM SEBAGAI MEDIA EDUKASI PERNIKAHAN BAGI GENERASI Z. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (163kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan Instgram dalam hal informasi ,dapat memberikan kemudahan para generasi z untuk mencari dan mendapatkan informasi atau berita terkini melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guna mengetahui upaya pemanfaatan media sosial Instagram @bimas.islam sebagai media edukasi pernikahan bagi generasi z.Penelitian ini menggunakan teori new media yang dicetuskan oleh Piere Lavy dan Mcquail. Penelitian ini menggunakan pendeketan penelitian kualitatif dan tipe penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu menganalisis akun instagram @bimas.islam menggunakan pemanfaatan media sosial yang dikemukakan oleh Jan H.Kietman,Kritopher Hermkens dan IanP.McCarhty yakni Conversations,Identy,Sharing, Presence, Relationship dan Group. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan Bimas Islam memanfaatkan media sosial instagram sebagai media edukasi dan Bimas Islam memiliki enam fitur-fitur yang memenuhi enam pemanfaatan media sosial oleh Jan H.Kietman,Kritopher Hermkens dan IanP.McCarhty. Conversations berperan membangun percakapan melalui Call To Action (CTA), Identity berperan menjaga citra baik Bimas.islam Sharing berperan ajang untuk bertukar pikiran melalui laman komentar. Presence berperan Instagram Bimas Islam hadir dengan mudah diakses oleh pengguna lainnya. Relationship berperan sebagai pengguna lain dapat terhubung dengan Instagram @Bimas.islam Group berperan menemukan antar pengguna terhadap kesamaan minat, tetapi ini masih lingkup Bimas Islam saja. Faktor pendukung pemanfaataan media sosial Instagram pada akun @Bimas.islam sebagai media edukasi pernikahan bagi generasi z adalah Instagram sebagai salah satu aplikasi gratis dan populer yang dapat diunduh siapa saja serta dalam penyebaran informasi dan sasaran pengguna lebih luas. Faktor penghambat pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @Bimas.islam sebagai media edukasi adalah perusahaan yang luas dan main power yang terbatas pada video.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Yulia Zahra Yamini |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 02:21 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:21 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11992 |
Actions (login required)
View Item |