Putri, Helen Komala (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONALDAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES PADA MAHASISWA PREKLINIK PROGRAM STUDI KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS NASIONAL. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (828kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (611kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (464kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Stress merupakan konsep subjektif yang artinya bergantung pada persepsi individu dalam menerima suatu masalah atau tekanan, sehingga kecerdasan emosional berperan dalam proses mental yang menentukan sumber stress. Dukungan sosial merupakan pertukara interpersonal dimana salah seorang memberikan bantuan atau pertolongan kepada orang lain. Tujuan : Mengetahui bagaimana hubungan kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap stres pada mahasiswa klinik program studi keperawatan di Universitas Nasional. Metodelogi : Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 194 dengan total sampel penelitian berjumlah 131 responden. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner The Mind Tool Test, Multudimensional Scale Of Perceived Social Support, Depression Anxiety Stress Scale. Hasil Penelitian : Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap stres pada mahasiswa preklinik keperawatan di Universitas Nasional yaitu sebesar 0,000 dan Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial terhadap stres pada mahasiswa preklinik keperawatan di Universitas Nasional sebesar 0,298. Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap stres pada mahasiswa preklinik dan Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial terhadap stres pada mahasiswa preklinik keperawatan di Universitas Nasional Saran : Diharapkan mahasiswa dapat mengelola stress secara mandiri dan perlu mengembangkan strategi pengelolaan stress yang efektif, dan bagi institusi pendidikan diharapkan dapat memperkuat layanan konseling dan dukungan psikologis bagi mahasiswa dengan menyediakan akses yang lebih mudah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan |
Depositing User: | Miss Yulia Zahra Yamini |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:02 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:40 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11957 |
Actions (login required)
View Item |