Usman, Yoga Febrian (2024) GAYA PERPAKAIAN “SKENA” DALAM TIKTOK @IBRAHIMREEFQI DAN PENIRUAN OLEH GENERASI Z. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (745kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (865kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (625kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (682kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (293kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Download (557kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi mengenai perkembangan teknologi informasi, media sosial Tiktok memiliki dampak yang sangat besar pada tren gaya berpakaian skena sehingga tidak terlepas dari peran influencer @Ibrahimreefqi dalam menghasilkan tren gaya berpakaian skena di generasi Z. Fenomena ini menimbulkan pengaruh pada generasi Z yang merasa terdorong untuk melakukan peniruan pada influencer yang menjadi inspirasi gaya berpakaian skena. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Belajar Sosial (Social Learning) yang dikemukakan Albert Bandura. Konsep dalam Teori Belajar Sosial adalah atensi, retensi, produksi, dan motivasi. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis, dan menggunakan teknik pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui wawancara mendalam kepada narasumber. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan gaya berpakaian skena cara berpakaian yang mencerminkan identitas dan nilai-nilai dari subcultural atau komunitas tertentu yang memiliki minat dan aktivitas yang sama. Tren gaya berpakaian skena ini menyebabkan ketertarikan intens pada influencer @Ibrahimreefqi untuk memperhatikan, mengikuti dan terlibat dalam gaya berpakaian skena. Melalui visualisasi dan eksposure berulang pada konten Tiktok @Ibrahimreefqi dapat memancing reaksi emosional yang memperkuat ingatan pengikutnya. Meniru dan mengubah gaya berpakaian tersebut menyesuaikan dengan preferensin dan kebutuhan individu dengan menekankan dari segi anggaran, kenyamanan dan penyesuaian postur tubuh. Memilih meniru gaya berpakaian dari influencer @Ibrahimreefqi dapat merasakan pengalaman dan tingkat kepercayaan diri pengikutnya, bukan hanya sebagai ekspresi diri tetapi juga sebagai alat mencapai tujuan ekonomi dan mencapai kesuksesan serupa seperti influencer @Ibrahimreefqi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:58 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:58 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11870 |
Actions (login required)
View Item |