KONSTRUKSI PEMBERITAAN SIDANG PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI TERKAIT TUNTUTAN KECURANGAN PEMILU 2024 DI MERDEKA.COM(Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

Pamungkas, Halilintar Restu (2024) KONSTRUKSI PEMBERITAAN SIDANG PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI TERKAIT TUNTUTAN KECURANGAN PEMILU 2024 DI MERDEKA.COM(Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (832kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pemberitaan, media tradisional mengalami konvergensi menjadi media digital, yang bertujuan untuk mengikuti perkembangan massa. Media digital menawarkan akses berita yang cepat dan interaktif, namun juga menimbulkan tantangan seperti penyebaran hoax. Merdeka.com menunjukkan komitmen terhadap jurnalistik objektif dan transparan, berperan penting dalam memastikan berita yang seimbang dan akurat di era politik yang penuh dinamika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Paradigma yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivis. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis konstruksi pemberitaan merdeka.com pada sidang putusan Mahkamah Konstitusi terkait tuntutan kecurangan pemilu 2024. Berdasarkan analisis terhadap pemberitaan di Merdeka.com, penelitian ini menunjukkan bahwa media ini konsisten menjaga netralitas dan etika jurnalistik, terutama dalam meliput keputusan MK. Merdeka.com berupaya menyajikan berita berdasarkan fakta hukum yang berlaku tanpa menggiring opini publik, dan selalu memberikan penjelasan yang jelas untuk mempermudah pemahaman pembaca terhadap isu-isu hukum yang kompleks. Mereka juga berkomitmen pada pendidikan publik, menjaga etika jurnalistik, dan berperan dalam membentuk opini publik yang objektif dan adil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:18
Last Modified: 13 Sep 2024 02:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item