SURYANI, XERLLY (2024) ANALISIS DIKSI DAN GAYA BAHASA BERPERAN SEBAGAISARANA RETORIKA PADA LAGU TRADISIONAL ANAK KOREA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER .pdf Download (832kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (508kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (701kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (452kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (527kB) |
Abstract
Penulisan pada lirik lagu tradisional anak Korea memerlukan pemilihan diksi dan gaya bahasa yang tepat agar pesan dan makna tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diksi dan gaya bahasa berperan sebagai sarana retorika agar pesan dan makna dapat tersampaikan kepada anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan berlandaskan pada teori Keraf 2010. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan 32 data gaya bahasa yang terbagi atas dua gaya bahasa yaitu gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Pada gaya bahasa retoris terdapat delapan gaya bahasa yang terdiri dari aliterasi, asonansi, apostrof, kiasmus, tautologi, pleonasme, erotesis, hiperbola. Sementara itu, pada gaya bahasa kiasan terdapat tiga gaya bahasa yang terdiri dari simile, personifikasi, alusi. Dalam diksi, terdapat tujuh jenis tujuh jenis diksi yaitu, denotasi, konotasi, kata abstrak, kata konkrit, kata umum, kata khusus, kata populer. Penggunaan diksi dan gaya bahasa berguna sebagai sarana retorika untuk mengungkapkan pesan dan makna dari lagu seperti, menciptakan ritme dan melodi, membuat lirik lebih menarik, memperkaya kosa kata, serta penggunaan kata yang sederhana membuat lagu mudah dipahami oleh anak-anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:25 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11829 |
Actions (login required)
View Item |