PERANAN APARATUR PEMERINTAH DALAM MEMBERIKAN LAYANAN ADMINDUK BERBASIS IDENTITAS DIGITAL KEPENDUDUKAN (PELANDUK BERTANDUK) DI KECAMATAN PONDOK MELATI KOTA BEKASI

Nugroho, Tri Septyo (2024) PERANAN APARATUR PEMERINTAH DALAM MEMBERIKAN LAYANAN ADMINDUK BERBASIS IDENTITAS DIGITAL KEPENDUDUKAN (PELANDUK BERTANDUK) DI KECAMATAN PONDOK MELATI KOTA BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER .pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (11MB)

Abstract

Peranan Aparatur Pemerintah dalam Memberikan Layanan Adminduk Berbasis Identitas Digital Kependudukan (PELANDUK BERTANDUK) di Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, merupakan langkah strategis dalam merespons tuntutan reformasi dan kebutuhan layanan yang semakin kompleks. Penyelenggaraan pemerintahan di daerah yang cenderung sentralistik kini diarahkan pada desentralisasi melalui Undang-Undang No. 23 Tahun 2014. Aparatur pemerintah daerah diharapkan mampu menjalankan tanggung jawab secara efektif dan efisien. Pelayanan publik, termasuk pembuatan e-KTP, adalah aktivitas esensial yang dilakukan oleh birokrasi untuk memenuhi kebutuhan warga. Dalam menghadapi tantangan ini, pemerintah menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (IT) untuk meningkatkan kualitas layanan. Program Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau PELANDUK BERTANDUK menjadi solusi inovatif dalam pelayanan e-KTP secara online, yang memudahkan akses dan melindungi data pribadi. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti koneksi internet yang buruk, kurangnya informasi kepada masyarakat, serta infrastruktur layanan yang belum memadai. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut terus dilakukan agar pelayanan adminduk digital dapat diterima secara maksimal dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Implementasi e-KTP berbasis digital ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan partisipasi publik, serta mendukung terciptanya satu data nasional yang akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:10
Last Modified: 12 Sep 2024 07:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11824

Actions (login required)

View Item View Item