PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN BUAH JAMBU KRISTAL DAN TELUR PUYUH REBUS TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN REMAJA ANEMIA DI PONDOK PESANTREN DAARUL HUFFADZ INDONESIA BOGOR

PURWANINGRUM, Diah Febby (2024) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN BUAH JAMBU KRISTAL DAN TELUR PUYUH REBUS TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN REMAJA ANEMIA DI PONDOK PESANTREN DAARUL HUFFADZ INDONESIA BOGOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang : Anemia merupakan masalah kesehatan yang umum di kalangan remaja, terutama di lingkungan Pondok Pesantren, di mana pola makan sering kali tidak seimbang dan kurangnya pengetahuan gizi dapat memperburuk kondisi ini. Di Pondok Pesantren Daarul Huffadz Indonesia, terdapat santri putri yang mengalami anemia, yang dapat mengganggu konsentrasi belajar dan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, intervensi gizi yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan kesehatan santri. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pemberian jambu kristal dan telur puyuh rebus dalam meningkatkan kadar hemoglobin pada remaja yang mengalami anemia. Metodologi : Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test. Sampel terdiri dari 16 remaja yang dibagi menjadi dua kelompok, di mana satu kelompok menerima Tablet Fe dan 100 gram jambu kristal serta kelompok lainnya menerima tablet Fe dan 100 gram telur puyuh rebus sehari sekali selama 14 hari. Kadar hemoglobin diukur sebelum dan sesudah intervensi dengan analisis uji Mann whitney Hasil penelitian : Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa intervensi jambu kristal (p-value 0,000) dan telur puyuh (p-value 0,012) secara signifikan meningkatkan kadar hemoglobin, namun tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p-value 0,205). Kesimpulan : Pemberian jambu kristal dan telur puyuh rebus sama-sama efektif dalam meningkatkan kadar hemoglobin pada remaja putri dengan anemia di Pondok Pesantren. Saran : Diharapkan para remaja dapat mengkonsumsi tablet Fe dengan tambahan telur puyuh dan jambu kristal sebagai alternatif untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:33
Last Modified: 10 Sep 2024 01:55
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11679

Actions (login required)

View Item View Item