ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM DRAMA KOREA BERJUDUL “LOVE ALARM (좋아하면 울리는)”

JUWITA, CORNELLA (2024) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM DRAMA KOREA BERJUDUL “LOVE ALARM (좋아하면 울리는)”. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam drama Korea berjudul Love Alarm. Tindak tutur ilokusi merupakan tuturan yang memiliki maksud atau penindakan dari penutur kepada mitra tutur. Drama Korea Love Alarm dipilih karena popularitasnya, selain itu drama ini menampilkan interaksi sosial yang kompleks antar karakternya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Penelitian ini menggunakan teori John Searle (1979) yang membagi tindak tutur ilokusi menjadi lima jenis dan masing-masing jenis memiliki fungsi yang beragam. Data diambil dari dialog-dialog dalam drama tersebut kemudian dianalisis berdasarkan teori tindak tutur ilokusi oleh John Searle (1979). Hasil dari penelitian ini ditemukan sejumlah 166 data yang mengandung tindak tutur ilokusi yang terbagi ke dalam lima jenis dan 23 fungsi dari jenis-jenis tindak tutur ilokusi dalam drama Korea Love Alarm. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa jenis tindak tutur ilokusi yang paling dominan dalam drama Korea Love Alarm adalah jenis asertif dan direktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Bahasa Korea
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:31
Last Modified: 23 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11621

Actions (login required)

View Item View Item