Lonthor, Fitriyani (2024) HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PERKEMBANGAN PADAANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ISLAM AS-SYAFI’IYAH 02 JATIWARINGIN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (655kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (875kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (663kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (463kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Perkembangan merupakan suatu proses kematangan fungsi tubuh anak yang berkaitan dengan sosial emosional, motorik kasar, motorik halus dan berbahasa anak. Anak usia prasekolah merupakan usia golden years karena pada masa ini merupakan situasi usia yang sangat mempengaruhi perkembangan anak serta kualitas anak ke periode selanjutnya. Status gizi adalah keseimbangan antara asupan dan kebutuhan zaat gizi dalam tubuh. Tujuan : Mengetahui hubungan antara status gizi, pola asuh, faktor ekonomi, infeksi, pendidikan ibu dengan perkembangan anak di TK Islam As-Syafi’iyah 02 Jatiwaringin Bekasi. Metodologi : Penelitian ini menggunakan dekskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian berjumlah 35 ibu yang anaknya bersekolah di TK Islam As-Syafi’iyah 02 Jatiwaringin Bekasi dengan Teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu alat timbang berat badan dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan. Analisis Bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil Penelitian : Dari 35 anak di TK Islam As-Syafi’iyah 02 Jatiwaringin Bekasi terdapat 11,4% anak yang memiliki status gizi yang lebih, 54,3% memiliki faktor ekonomi yang baik, 71,4% ibu dengan pendidikan tinggi, 48,6% anak dengan penyakit infeksi, dan 91,4% ibu dengan pola asuh demokratis. Berdasarkan uji statistik msnggunakan chi square menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara faktor ekonomi (P value 0,010) dengan perkembangan ibu. Sedangkan tidak ada hubungan anatara status gizi dengan (P value 0,693), pola asuh dengan (P value 0,545), infeksi dengan (P value 0,703) dan variabel pendidikan ibu dengan (P value 0,186) dengan perkembangan anak. Kesimpulan : Bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor ekonomi dengan perkembangan anak. Srdangkan tidak ada hubungan anatar status gizi, infeksi, pola asuh dan pendidikan orang tua dengan perkembangan anak usia 4-5 tahun. Saran : Ibu perlu memiliki pengetahuan yang baik dan luas tentang bagaimana mendidik dan menstimulus anak untuk mencapai perkembangan yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan |
Depositing User: | Miss Rahma Rahmawati |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11519 |
Actions (login required)
View Item |