Waty, Dwi Sukma (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA DITJEN BINA PEMBANGUNAN DAERAH KEMENTERIAN DALAM NEGERI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
Cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (341kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (283kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang: Aktifitas jasa di tempat pelayanan kesehatan erat dikaitkan dengan kualitas pelayanan, fasilitas, serta kepuasan pasien. Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan nya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan. Kepuasan pasien berhubungan dengan kualitas pelayanan tempat pelayanan kesehatan. Dengan mengetahui tingkat kepuasan pasien, menajemen dapat melakukan peningkatan kualitas pelayanan. Tujuan: mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Klinik Pratama Ditjen Bina Pembangungan Daerah Kementerian Dalam Negeri. Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan design cross sectional. Rumus sampel didalam penelitian ini menggunakan rumus Slovenia dengan jumlah 94 responden dengan Teknik sampling accidental sampling. Analisa data bivariat mengguankan uji chi square. Hasil: Hasil penelitian univariat didapatkan kualitas pelayanan baik 95,7% dan kurang baik 4,3%, sedangkan kepuasan pasien puas 94,7%, cukup puas 3,2% dan tidak puas 2,1%. Analisa bivariat didapatkan hasil terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di Klinik Pratama Ditjen Bina Pembangungan Daerah Kementerian Dalam Negeri dengan nilai p value 0,001. Kesimpulan: Kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan Tingkat kepuasan pasien sebagai penerima pelayanan. Saran: Penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi klinik untuk mempertahankan tingkat kepuasan pasien dalam kualitas pelayanan kesehatan dimana yang menjadi koreksi adalah pada dimensi ketanggapan petugas farmasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:01 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11490 |
Actions (login required)
View Item |