PENGARUH SENAM TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III DI KLINIK FAKHIRA AISYIYAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN TAHUN 2024

Pattimahu, Megi Yanthi (2024) PENGARUH SENAM TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III DI KLINIK FAKHIRA AISYIYAH JAGAKARSA JAKARTA SELATAN TAHUN 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (978kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (890kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (447kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Ketika usia kehamilan meningkat, akan terjadi ketidaknyamanan pada ibu hamil salah satunya gangguan pola tidur. Perubahan yang dialami ibu hamil, dikarenakan bertambahnya usia kehamilan seperti perubahan anatomis dan perubahan hormonal. Kualitas tidur pada ibu hamil sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Kualitas tidur ibu hamil dapat ditingkatkan dengan tindakan non farmakologi yaitu senam hamil. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap kualitas tidur ibu hamil trimester III di Klinik Fakhira Aisyiyah Jagakarsa Jakarta Selatan Tahun 2024. Metodologi: Penelitian ini menggunakan Quasi Experimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two grup pre and post design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu 17 kelompok kontrol dan 17 kelompok eksperimen. Sampel di ambil menggunakan total sampling. Instrumen penilaian kualitas tidur yang digunakan adalah kuesioner Pittsburgh sleep quality index (PSQI) yangsudah terbukti valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon signed ranks test untuk mengetahui pengaruh kualitas tidur dalam satu kelompok dan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur antar kelompok. Hasil Penelitian: Terdapat pengaruh senam hamil terhadap kualitas tidur ibu hamil trimester III, dengan nilai p value 0,001. Kesimpulan: Senam hamil berpengaruh terhadap kualitas tidur ibu hamil trimester III di Klinik Fakhira Aisyiyah Jagakarsa Jakarta Selatan Tahun 2024. Saran: Senam hamil merupakan terapi non farmakologi yang dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil dan disarankan dapat diterapkan di fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:48
Last Modified: 09 Sep 2024 03:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11478

Actions (login required)

View Item View Item