INOVASI MANAJEMEN PELAYANAN KEPENDUDUKAN MASA TRANSISI COVID-19 DARI PANDEMI KE ENDEMI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR

Wulandari, Dwi (2023) INOVASI MANAJEMEN PELAYANAN KEPENDUDUKAN MASA TRANSISI COVID-19 DARI PANDEMI KE ENDEMI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BOGOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (970kB)

Abstract

Pada saat masa pandemi covid-19 Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bogor memberikan pelayanan kependudukan melalui Whatsapp, Email dan juga masih memberikan pelayanan online pada web SILOKA (Sistem Layanan Online Kependudukan). Namun dalam proses pelaksanannya web SILOKA tersebut tidak bisa diakses yang mengakibatkan masyarakat tidak bisa menerima pelayanan kependudukan online dimasa endemi ini . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan kependudukan dimasa transisi dari pandemi ke endemi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor dan juga Hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan inovasi SILOKA. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pelayanan kependudukan di masa endemi ini sudah sepenuhnya offline kembali dan juga berjalan dengan normal, kemudian pelaksanaan pelayanan kependudukan melalui inovasi SILOKA sudah cukup berjalan optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari lima indikator inovasi pelayanan publik menurut Rogers, yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compability (Kesesuaian), Complexity (Kerumitan). Triability (Kemungkinan Dicoba), Observability (Kemudahan). Hal yang menunjukan sudah cukup optimalnya inovasi pelayanan publik yaitu: 1.) penggunaan inovasi SILOKA tinggi. 2.)Sudah sesuai dengan harapan masyarakat, 3) masih ada perbaikan dan pengembangan inovasi tersebut, 4.) pelaksanaan pelayanan SILOKA masih belum berjalan maksimal. 5.) Lebih mudah dalam mengurus dokumen kependudukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 Jun 2024 02:14
Last Modified: 20 Jun 2024 02:14
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item