KOMUNIKASI PERSUASIF BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN

Wiriadinata, Muhammad Jidan (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (Cover, Lembar Penunjang, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi).pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (803kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Daftar Pustaka, Lampiran Lampiran, Lembar Awal Hasil Turnitin).pdf

Download (700kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif berbasis digital dalam meningkatkan penjualan pada akun tiktok shop affiliate @iamegamei. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Teori Model AISAS Dari Dentsu yang terdiri dari lima unsur yaitu Attention, Interest, Search, Action, dan Share. Metode yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa unsur komunikasi persuasif pada tahap Attention terlihat pada konten Mega yang dapat menarik perhatian yaitu pada kontennya yang bertema kehidupan Mega di India, hal itu dibuktikan dari jumlah views dan likes nya yang banyak. Pada tahap Interest terlihat ketertarikan dari followers Mega, pada kolom komentar para followers menarasikan bahwa terdapat solusi dari promosi produk yang dibuat pada konten Mega. Pada tahap Search menunjukan adanya komentar dari para followersnya yang merasa informasi yang ada pada konten TikTok @iamegamei jelas dan lengkap. Pada tahap Action menunjukan bahwa pada kolom komentar, followers akun TikTok @iamegamei yang ingin membeli produk dari konten TikTok Mega melalui keranjang kuning yang disediakan oleh Mega. Pada tahap Share terlihat bahwa para followersnya menshare melalui kolom komentar berupa narasi terkait ulasan tentang produk yang sudah dibelinya. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa Komunikasi Persuasif Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Penjualan ternyata empat dari kelima unsur pada teori model AISAS dari Dentsu sudah sesuai. Saran dari peneliti yaitu diharapkan kedepannya terdapat peningkatan terkait pengolaan konten terhadap promosi produk dengan tema terbaru.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:40
Last Modified: 19 Jun 2024 02:40
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item