PELAKSANAAN LAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BOGOR

Emma, Elisabeth (2023) PELAKSANAAN LAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MELALUI ONLINE SINGLE SUBMISSION DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN BOGOR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Perizinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Online Single Submissiona (OSS) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor, dilihat dari dimensi Implementasi Menurut Teori Edward III George C yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara kepada informan kunci, utama dan pendukung. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perizinan usaha khususnya UMKM dengan sistem OSS di DPMPTSP Kabupaten Bogor sudah berjalan cukup baik, berdasarkan hasil penelitian faktor Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi/Sikap Pelaksana, dan Struktur Birokrasi di DPMPTSP Kabupaten Bogor pun sudah berjalan cukup baik, namun masih ada kendala pada faktor komunikasi dikarenakan sosialisasi yang belum merata ke tiap kecamatan pada forum UMKM di Kabupaten Bogor dikarenakan sumber finansial dengan anggaran yang dikurangkan sehingga hanya cukup melakukan sosialisasi sesuai anggaran per tahunnya. Maka dari itu, DPMPTSP Kabupaten Bogor disarankan untuk memberikan anggaran lebih agar sosialisasi sistem OSS ini dapat merata ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:39
Last Modified: 14 Jun 2024 06:39
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item View Item