Yuanita, Tri Rahayu (2023) INOVASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI GO-DAMKAR DI DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA JAKARTA TIMUR TAHUN 2022. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.
Text
COVER.pdf Download (885kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (628kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (720kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (501kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Go-Damkar Di Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Jakarta Timur Tahun 2022, mengambil kasus Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat melalui Aplikasi Go-Damkar di Jakarta Timur ini dikarenakan adanya permasalahan yaitu saat petugas ingin mengevakuasi suatu kejadian alamat lokasi kejadian tidak tepat, proses tindaklanjut melalui banyak tahapan, tidak mengetahui secara visual kondisi di lokasi kejadian, pelaporan palsu, maka dari itu Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat melalui Aplikasi Go�Damkar hadir dengan tujuan untuk mempercepat respontime dalam membantu masyarakat dalam hal pengaduan kebakaran, banjir, evakuasi hewan liar, sarang tawon, cincin dan lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik triangulasi data dan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan adalah atribut Inovasi yang dikemukakan oleh Evert M. Rogers(2008), hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Inovasi aplikasi Go-Damkar memiliki nilai keuntungan lebih dalam melakukan pengaduan, 2) Inovasi aplikasi Go-Damkar memiliki kesesuaian karena di anggap mengikuti perkembangan zaman, 3) Inovasi aplikasi Go-Damkar memiliki tingkat kerumitan karena aplikasi ini harus menggunakan jaringan internet dan mengaktifkan location agar data laporan akurat dan tidak semua type handphone dapat menggunakannya, 4) Inovasi aplikasi Go-Damkar ini telah melalui tahap uji coba dan sosialisasi yang mendapatkan respon positif dari masyarakat, 5) Inovasi Pelayanan Pengaduan melalui aplikasi Go-Damkar dianggap mempunyai fitur yang cukup mudah untuk di mengerti namun perlu penyempurnaan untuk semua type handphone.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | - Abdurrahman - |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:17 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 04:17 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11213 |
Actions (login required)
View Item |