IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PT PINTAR PEMENANG ASIA DALAM MEMPERSUASI PESERTA PROGRAM KARTU PRAKERJA

Afrilianti, Finka (2024) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PT PINTAR PEMENANG ASIA DALAM MEMPERSUASI PESERTA PROGRAM KARTU PRAKERJA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.Bab1.pdf

Download (508kB)
[img] Text
3.Bab2.pdf

Download (575kB)
[img] Text
4.Bab3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
5.Bab 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB5.pdf

Download (263kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai implementasi atau penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Pintar Pemenang Asia untuk mempersuasi peserta program Kartu Program Kartu Prakerja. Latar belakang penelitian ini adalah karena program Kartu Prakerja sebagai program inisiasi pemerintah khususnya diurus oleh Kementerian Perekonomian Republik Indonesia yang diatur pada Peraturan Kementerian Perekonomian No.17 Tahun 2022. Program Kartu Prakerja ini untuk meningkatkan keahlian atau skill untuk masyarakat Angkatan kerja di Indonesia sehingga Pintar sebagai mitra resmi platform digital Kartu Prakerja harus melakukan komunikasi pemasaran untuk mengomunikasikan terkait ap aitu program Kartu Prakerja dan pada akhirnya membeli pelatihan Kartu Prakerja di Pintar. Penelitian ini menggunakan teori bauran promosi dari Kotler dan Amstrong. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk metode pengambilan data peneliti menggunakan wawancara dengan key informan Head of Operation Pintar Ilham Maulana dan juga menggunakan dokumentasi terkait data-data yang diberikan oleh key informan. Hasil dari penelitian ini adalah Pintar memposisin dirinya sebagai platform digital yang cepat dengan adanya fitul live chat. Kemudian melakukan komunikasi pemasaran dengan dengan menggunakan sosial media organik melalui Instagram, Facebook, Tiktok, LinkedIn, website, event, dan press release. Selain itu Pintar juga menggunakan iklan berbayar melalui Facebook ads dan juga Google ads. Kemudian untuk pesan image branding banyak menggunakan soft selling daripada hard selling dan gaya pesan tergantung medianya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pintar memanfaatkan media sosial organik dan juga berbayar untuk komunikasi pemarannya dan juga menggunakan pesan image branding yang soft selling. Saran peneliti adalah Pintar membuat akun channel Youtube dan juga lebih memperbanyak jenis konten sosial media khususnya di Tiktok dan juga LinkedIn. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Peserta Program Kartu Prakerja, Bauran Promosi Persuasif, Image Branding

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:13
Last Modified: 11 Jun 2024 06:13
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item