REPRESENTASI KONSEP CANTIK PADA PEREMPUAN DI DALAM FILM 200 POUNDS BEAUTY KARYA ODY CHANDRA HARAHAP (Analisis Semiotika Roland Barther)

Ramadhani, Dinda Ayu Palupi (2024) REPRESENTASI KONSEP CANTIK PADA PEREMPUAN DI DALAM FILM 200 POUNDS BEAUTY KARYA ODY CHANDRA HARAHAP (Analisis Semiotika Roland Barther). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (709kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Representasi Konsep Cantik Pada Perempuan di Dalam Film 200 Pounds Beauty Karya Ody Chandra Harahap. Dengan menggunakan teori Semiotika Roland Barthes dengan premis denotatif, konotatif dan mitos, teori konstruksi sosial dan teori feminisme liberal. Dengan konsep komunikasi massa, representasi, film, cantik, dan perempuan. Metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam film ini dapat ditemukan premis denotatif, konotatif dan mitos. Premis denotatif ditemukan melalui potongan adegan film dimana seorang perempuan dalam film ini sangat berjuang untuk mencapai keinginannya dengan berusaha tampil menarik secara fisik. Premis konotatif ditemukan bahwa pada film ini mengkomunikasikan ide bahwa cantik wanita menjadi suatu konsep yang ditanamkan kepada penontonnya dengan mempoles dan melakukan operasi plastik. Premis mitos ditemukan hasil dari dua aspek tersebut yaitu ide tentang cantik wanita, dimana cantik wanita diukur berdasarkan berat badan, warna kulit yang cerah, hidung mancung, pakaian yang modis, dan rambut yang panjang. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Representasi Konsep Cantik Pada Perempuan Di Dalam Film 200 Pounds Beauty Karya Ody Chandra Harahap telah memenuhi teori Semiotika Roland Barthes. Peneliti menyarankan agar para rumah produksi film, supaya bisa memberikan film-film yang lebih manarik dengan mengangkat isu sosial yang ada di Indonesia. Kata kunci: Representasi, Cantik, Perempuan, Film.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 11 Jun 2024 05:47
Last Modified: 11 Jun 2024 05:47
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item