PEMBERITAAN LARANGAN IMPOR PAKAIAN BEKAS (THRIFTING) DI MEDIA ONLINE (Analisis Wacana Kritis Van Dijk pada Kumparan.com dan MediaIndonesia.com)

Lubis, Aufa Atiqa (2024) PEMBERITAAN LARANGAN IMPOR PAKAIAN BEKAS (THRIFTING) DI MEDIA ONLINE (Analisis Wacana Kritis Van Dijk pada Kumparan.com dan MediaIndonesia.com). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana media online Kumparan.com dan MediaIndonesia.com mewacanakan isu larangan impor pakaian bekas berdasarkan perspektif Analisis Wacana Kritis Van Dijk yang terdiri atas tiga dimensi yakni dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menggali makna tersembunyi dalam berita kedua media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi teks pada media online Kumparan.com menyampaikan berita mendalam mengenai konsekuensi dari segi ekonomi dan pengaruhnya terhadap industri tekstil, sedangkan MediaIndonesia.com menghadirkan pemberitaan yang kokoh dengan menjelaskan permasalahan dan solusi yang diusulkan oleh pemerintah untuk mendukung industri dalam negeri. Kemudian dimensi kognisi sosial mengungkapkan perbedaan pendekatan dalam pembuatan berita dengan mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan wartawan, media online Kumparan.com menonjolkan dukungan narasumber dan memberikan konteks mendalam, sementara media online MediaIndonesia.com lebih berfokus pada regulasi pemerintah sebagai solusi. Terakhir yakni dimensi konteks sosial dengan wawancara menggambarkan dampak signifikan terhadap keadaan masyarakat, dimensi ini melibatkan interaksi antara teks dan masyarakat dan mencerminkan pengaruh teks berita pada sikap dan tindakan individu dalam konteks sosial. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini dengan Analisis dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial pada media online Kumparan.com dan Mediaindonesia.com pada pemberitaan larangan impor pakaian bekas menunjukkan konsistensi antara pandangan produsen berita, penekanan penulisan, dan respons masyarakat. Maka berita tidak hanya menjadi penyampai informasi tetapi juga membentuk persepsi, sikap, dan tindakan dalam masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam terkait pengaruhnya pemberitaan pada pemahaman serta respons masyarakat terhadap isu sosial yang relevan. Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Kumparan, MediaIndonesia, Van Dijk

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
K Law > K Law (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 11 Jun 2024 04:07
Last Modified: 11 Jun 2024 04:30
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item