PENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI RS BHAYANGKARA TK I PUSDOKKES POLRI JAKARTA TIMUR

SOLEHA, MELATI DWI RIYATNI (2024) PENGARUH TERAPI RELAKSASI BENSON TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI RS BHAYANGKARA TK I PUSDOKKES POLRI JAKARTA TIMUR. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Prevelensi penyakit hipertensi semakin meningkat setiap tahunnya termasuk di Indonesia. Semakin tinggi prevelensinya maka semakin tinggi pula komplikasi hipertensi. Komplikasi diantaranya serangan jantung, stroke, chronic renal failure dan gagal jantung. Terapi Benson merupakan terapi religious yang melibatkan faktor keyakinan agama yang memusatkan perhatian dengan menyebutkan berulang-ulang nama Tuhan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Terapi Benson untuk mencegah komplikasi penyakit serangan jantung, stroke, chronic renal failure dan gagal jantung di Indonesia pada kelompok eksprerimen dan kelompok kontrol. Metodologi: Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan rancangan pre and post with control design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 pasien Hipertensi yang terdiri dari 15 kelompok kontrol dan 15 kelompok intervensi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian terdiri dari SOP, tensimeter digital dengan merk Omron. Data dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tekanan darah antar kelompok. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tekanan darah sesudah diberikan Terapi Benson pada kelompok intervensi sistol 118,33 mmHg dan diastol 68,67. Tekanan darah sesudah pada kelompok kontrol sistol 146,00 mmHg dan diastol 87,33 mmHg. Kesimpulan: Terapi Benson dapat mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Saran: Diharapkan Terapi Benson dapat diterapkan secara menyeluruh dipelayanan kesehatan seluruh Indonesia. Kata Kunci : Relaksasi Benson, Hipertensi. Kepustakaan : 38 pustaka (2000-2023).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:25
Last Modified: 10 Jun 2024 08:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item