ANTI BAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Avverhoa bilimbi L.)dan SEDIAAN TONER ANTI JERAWAT TERHADAP Cutibacterium acnes ANTI BACTERIAL OF EXTRACT LEAVES STARFRUIT WULUH (Avverhoa bilimbi L.)AND ANTI ACNE TONER PREPARATIONS AGAINST Cutibacterium acnes

ALMYRA, ZARA (2023) ANTI BAKTERI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Avverhoa bilimbi L.)dan SEDIAAN TONER ANTI JERAWAT TERHADAP Cutibacterium acnes ANTI BACTERIAL OF EXTRACT LEAVES STARFRUIT WULUH (Avverhoa bilimbi L.)AND ANTI ACNE TONER PREPARATIONS AGAINST Cutibacterium acnes. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cutibacterium acnes merupakan bakteri penyebab jerawat yang utama. Penggunaan obat sintetis jerawat akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kulit. Maka dari itu obat dengan bahan dasar alami menjadi alternatif yang baik dalam mengatasi jerawat seperti sediaan toner wajah dari ekstrak daun belimbing wuluh (Avverhoa bilimbi L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat anti bakteri ekstrak daun belimbing wuluh terhadap Cutibacterium acnes dan efektivitasnya sebagai toner. Hipotesis penelitian ini terdapat perbedaan daya hambat pada konsentrasi ekstrak yang berbeda dan perubahan daya hambat dalam bentuk formulasi toner. Penelitian ini dilakukan dengan metode difusi sumuran sebagai uji anti bakteri terhadap Cutibacterium acnes dalam bentuk ekstrak dan sediaan toner. Penelitian ini menggunakan uji anti bakteri, uji pH, uji viskositas, uji iritasi, uji hedonik, uji homogenitas dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi 5%, 10%, dan 20% membentuk zona hambat yang cukup besar terhadap Cutibacterium acnes dengan perbedaan nyata pada taraf konsentrasi 20%. Daya hambat ekstrak dengan formulasi toner menunjukan adanya pengurangan luas dari zona hambat bakteri. Diketahui ekstrak daun belimbing wuluh pada konsentrasi 5%, 10% dan 20% mampu menghambat pertumbuhan bakteri Cutibacterium acnes dalam bentuk ekstrak maupun sediaan toner. Data uji lain menunjukan toner ekstrak daun belimbing wuluh memiliki efektivitas yang cukup baik terhadap jerawat dan tidak menimbulkan iritasi dengan rentang pH sediaan 5,59. Hasil uji hedonik terhadap 15 panelis tidak terlatih sebanyak 80% menyukai aroma dan warna, kemudian secara keseluruhan menyukai tekstur dan sensasi pada sediaan toner.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 08:26
Last Modified: 22 May 2024 08:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item