SISTEM INFORMASI PENENTUAN JURUSAN PADA SMK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Lestari, Ratih Tri (2024) SISTEM INFORMASI PENENTUAN JURUSAN PADA SMK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
[1] Cover.pdf

Download (455kB)
[img] Text
[2] BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
[3] BAB 2.pdf

Download (310kB)
[img] Text
[4] BAB 3.pdf

Download (385kB)
[img] Text
[5] BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
[6] BAB 5.pdf

Download (143kB)
[img] Text
[7] LAMPIRAN.pdf

Download (692kB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah institusi pendidikan formal yang memberikan pelatihan kejuruan pada tingkat menengah. Pilihan jurusan atau peminatan pada SMK bertujuan untuk memberikan gambaran kepada siswa mengenai bidang keahlian yang akan mereka geluti setelah menyelesaikan pendidikan. Akan tetapi dalam menentukan jurusan yang cocok dengan minat dan nilai siswa masih menjadi permasalahan yang dihadapi oleh sekolah karena masih manual, informasi yang diberikan berkaitan dengan penjurusan membutuhkan waktu yang lama karena belum ada sistem. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya penerapan sistem informasi dan penerapan data mining untuk mengelompokkan jurusan di SMK dengan metode algoritma K-Means Clustering. Hal ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kinerja guru dalam pengolahan data untuk menentukan jurusan bagi siswa yang sesuai dengan nilai, kemampuan, dan minatnya secara objektif. Pengambilan data dilakukan di SMK Yayasan Pendidikan Saadatuddarain (YPS) sebanyak 110 data siswa. Sebagai bahan pengklusteran diambil dari penilaian kompetensi nilai ujian nasional atau SKHUN ketika pendaftaran yang terdiri dari nilai Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ipa serta nilai rata-rata dari SKHUN. Berdasarkan pengujian 110 data siswa menunjukkan bahwa cluster 1 untuk jurusan Perkantoran sebanyak 48 siswa dengan nilai ratarata 81, cluster 2 untuk jurusan Akuntansi sebanyak 19 siswa dengan nilai ratarata 82, dan cluster 3 untuk jurusan Bisnis Daring sebanyak 43 siswa dengan nilai rata-rata 80. Untuk pengujian tingkat kepuasan pengguna pada sistem yang telah dirancang diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang dibagikan kepada 36 responden yang terdiri dari guru dan siswa SMK Yayasan Pendidikan Saadatuddarain. Skor dari seluruh responden dihitung dengan aturan SUS sehingga didapatkan skor tingkat usability dalam percentile ranks sebesar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 02 May 2024 06:28
Last Modified: 02 May 2024 06:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10910

Actions (login required)

View Item View Item