PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DI KAMPUNG ADAT PRAI IJING NUSA TENGGARA TIMUR THE ISSUES OF DEVELOPING TOURISM DESTINATIONS IN PRAIJING TRADITIONAL VILLAGE

Mierdhani, Maharani Indira Ravi (2024) PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DI KAMPUNG ADAT PRAI IJING NUSA TENGGARA TIMUR THE ISSUES OF DEVELOPING TOURISM DESTINATIONS IN PRAIJING TRADITIONAL VILLAGE. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kampung Adat Prai Ijing merupakan kampung wisata yang memproyeksikan kebudayaan masyarakat Sumba Barat yang masih begitu kuat. Di balik keberhasilan pencapaiannya terdapat problematika yang harus dihadapi dalam mengembangkan destinasi wisata Kampung Adat Prai Ijing. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa problematika dalam pengembangan destinasi pariwisata di Kampung Adat Prai Ijing, mengapa problematika itu dapat terjadi serta bagaimana upaya penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskpritif dengan teknik analisis menggunakan triangulasi sumber data. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan porposive dan snowball sampling dengan pengolahan data menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian di Kampung Adat Prai Ijing menunjukkan beberapa problematika yaitu masyarakat lokal perlu pembinaan dan pelatihan yang lebih baik agar dapat mendukung pembangunan destinasi pariwisata, sarana dan prasarana di kampung tersebut juga perlu ditingkatkan agar terus mengalami pembaharuan serta proses pemasaran yang membutuhkan pembinaan. Hal ini terjadi karena kurangnya SDM yang kompeten dan sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, masyarakat dan pihak terkait seperti pemerintah dan lembaga swasta berpartisipasi aktif dalam bentuk ide, tenaga, harta, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:19
Last Modified: 30 Apr 2024 07:19
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item View Item