TINJAUAN YURIDIS PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM DARI PUTUS HUBUNGAN KERJA SECARA SEPIHAK (Studi Kasus Putusan Nomor : 135/Pdt.Sus-PHI/2020/PN.Jkt.Pst)

Nurlillah, Laisa (2024) TINJAUAN YURIDIS PERTANGGUNG JAWABAN HUKUM DARI PUTUS HUBUNGAN KERJA SECARA SEPIHAK (Studi Kasus Putusan Nomor : 135/Pdt.Sus-PHI/2020/PN.Jkt.Pst). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Analisis yuridis ini membahas pertanggungjawaban hukum atas pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak dalam konteks hukum ketenagakerjaan masa kini. Diawali dengan penguraian hak dan kewajiban antara pekerja dan perusahaan, yang dijamin dan dilindungi oleh undangundang, khususnya melalui perjanjian kerja yang mengatur tentang pekerjaan, perintah, dan upah. Kasus PHK sepihak terhadap Wena Suling oleh PT Solusindo Bintang Pratama menjadi studi kasus utama, di mana Wena Suling menuntut hak normatifnya berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, mencakup uang pesangon, penghargaan masa kerja, dan penggantian hak. Putusan Pengadilan Hubungan Industrial mengabulkan sebagian tuntutan, menyoroti pentingnya perlindungan hukum bagi pekerja. Diskusi mengarah pada konsekuensi negatif PHK sepihak, seperti kehilangan pekerjaan dan kesulitan mencari pekerjaan baru, serta perlunya perlindungan hukum yang lebih kuat bagi pekerja. Teori tanggung jawab hukum yang dianalisis menunjukkan bahwa perusahaan harus mematuhi peraturan ketenagakerjaan, memastikan perlindungan hak pekerja, dan bertanggung jawab atas konsekuensi hukum pelanggaran, termasuk PHK sepihak. Analisis ini menggarisbawahi pentingnya pengaturan, perlindungan, penyelesaian perselisihan, serta pengawasan dan penegakan hukum yang adil dan efektif dalam hubungan kerja, untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Kata kunci : Pertanggung jawaban hukum, Pemutusan Hubungan Kerja, Perlindingan Kerja

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:28
Last Modified: 29 Apr 2024 03:28
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item