FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN WANITA PADA KLINIK KECANTIKAN X GANDARIA CITY JAKARTA SELATAN TAHUN 2024

FITRI, MAIZUL (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN WANITA PADA KLINIK KECANTIKAN X GANDARIA CITY JAKARTA SELATAN TAHUN 2024. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Industri kecantikan Indonesia merupakan pasar ketiga terbesar di Asia. Loyalitas sangat diperlukan bagi sebuah klinik kecantikan untuk dapat tetap bertahan dan mampu bersaing dengan klinik kecantikan lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas yaitu: harga, pelayanan, kualitas produk dan promosi. Hasil wawancara pada 10 pelanggan yang melakukan perawatan kecantikan didapatkan 7 diantaranya tidak rutin melakukan pemeriksaan dan jarang membeli produk X Gandaria City Jakarta Selatan. Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan wanita pada Klinik Kecantikan X Gandaria City Jakarta Selatan Tahun 2024. Metodologi: Penelitian analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pelanggan wanita sebanyak 71 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis bivariat menggunakan uji regresi logistik sederhana. Hasil Penelitian: Hasil penelitian univariat sebagian besar dengan loyalitas pelanggan wanita loyal 64,1%, harga murah 57,8%, pelayanan memuaskan ebesar 54,7%, kualitas produk memuaskan 51,6%, dan mendapatkan promosi 54,7%. Hasil penelitian bivariat ada pengaruh harga (p = 0,000), pelayanan (p = 0,000), kualitas produk (p = 0,003), dan promosi penjualan (p = 0,001), terhadap loyalitas pelanggan wanita. Simpulan dan Saran: ada pengaruh harga, pelayanan, kualitas produk, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan wanita. Klinik diharapkan dapat mempertimbangkan untuk menurunkan harga dengan melakukan perbandingan harga antara klinik X dengan klinik lainnya dan meningkatkan kualitas produk dengan menjelaskan keunggulannya dan jika ditemukan adanya efek samping agar segera diberikan penjelasan terlebih dahulu sebelum pelanggan membelinya agar mereka mengerti dan memahami terhadap produk yang dibelinya agar dapat mempertahankan pelanggan dan bersaing dengan perusahaan lain. Kata kunci : Harga, Pelayanan, Kualitas Produk. Promosi Penjualan, Loyalitas Pelanggan. Kepustakaan: 31 (2018-2023)

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Keperawatan
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:08
Last Modified: 29 Apr 2024 03:08
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item View Item